Header Ads

Masalah Medis yang Biasanya Dialami Bayi Prematur dan Cara Mencegahnya


Bayi premature adalah bayi yang terlahir sebelum waktunya. Biasanya lemak yang ada pada bayi prematur lebih sedikit dibandingkan dengan bayi yang terlahir normal. Kestabilan tubuh serta kesehatan bayi prematur juga perlu diperhatikan dengan baik agar bayi anda tidak terkena beberapa masalah kesehatan. 

Kebutuhan nutrisi pada bayi prematur adalah salah satu yang harus diperhatikan. Bayi prematur biasanya membutuhkan lebih banyak nutrisi agar bisa tumbuh sehat seperti bayi lainnya. Hingga usia bayi mencapai dua tahun, dia mungkin tidak tumbuh secepat bayi dengan berat badan normal.

Selain itu, ada pula beberapa masalah medis yang dapat dialami bayi prematur, yaitu:

  • Masalah pernapasan, sehingga mungkin memerlukan tambahan oksigen atau ventilator mekanik.
  • Apnea tidur, atau jeda bernapas ketika tidur. Bilamana hal ini menimbulkan gangguan laju detak jantung bayi ataupun bayi jadi tampak membiru, bayi kemungkinan harus dirawat di rumah sakit
  • Risiko terkena infeksi, terutama akibat virus.

Banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya adalah melakukan perawata kangguru. Perawatan kangguru adalah kamu menggendong bayi anda dengan memasukkan bayi ke dalam baju atau menggunakan kain gendongan khusus agar kulit anda bersentuhan secara langsung dengan kulit bayi. Lakukan ini dengan gembira dan jangan takut menyakiti bayi anda. Bayi akan mengetahui aroma tubuh, sentuhan, serta irama napas anda. Jangan lupa cuci secara berkala dengan air hangat (baca infonya di: https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/mengapa-air-hangat-disarankan-dalam-mencuci-pakaian-bayi) dan menggunakan produk deterjen bayi, pilih Sleek Baby karena harga produk Sleek Baby tergolong terjangkau dan juga berkualitas baik.

Perhatikan juga jam dan posisi tidur bayi untuk mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak yang lebih umum terjadi pada bayi prematur dibandingkan pada bayi yang lahir sesuai waktunya. Anda mungkin akan sering terjaga di malam hari hingga enam bulan setelah tanggal melahirkan yang seharusnya. Ini dikarenakan bayi prematur biasanya tidur lebih sering dibandingkan bayi lain, namun dengan durasi yang lebih singkat.

No comments

Powered by Blogger.