Header Ads

5 Cara Menyusui Yang Benar dan Direkomendasikan


Bagi seorang ibu ketika memiliki anak yang beru lahir tentu saja wajib untuk menyusuinya. Hal ini juga sangat dianjurkan oleh dokter, kenapa demikian? Ini karena ASI lebih baik dibandingkan dengan susu formula. ASI memiliki kandungan-kandungan yang tidak dimiliki oleh susu yang lainnya. maka dari itu jangan sampai anak Anda tidak mendapatkan ASI. Namun selain itu Anda juga harus tahu, dalam masalah menyusui juga harus benar. Maka dari itu kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara menyusui yang benar.

Ilustrasi
Untuk Anda yang ingin menggunakan cara menyusui yang benar maka bisa menyimak di bawah ini:

1. Memastikan ibu pada kondisi yang rileks dan nyaman
Pertama yaitu ibu harus pada kondisi yang rileks, ini akan sangat berpengaruh pada ASI yang dikeluarkan. Dalam hal ini mengenai posisi kepala bayiu juga harus lebih tinggi jika dibandingkan dengan tubuhnya, ini dimaksudkan supaya bayi lebih mudah untuk menelan ASI. Ibu bisa menyangga dengan menggunakan tangan ataupun dengan cara mengganjal dengan bantal. Lalu selanjutnya Ibu bisa menempatkan hidung bayi sejajar dengan putting dari Ibu. Nah biasanya ini akan mendorong bayi untuk membuka mulutnya.

2. Mendekatkan bayi ke payudara
Pada saat bayi mulai membuaka mulutnya dan ingin menyusu, maka dalam hal ini selanjutnya ibu bisa mendekatkan payudara ke Bayi. Ibu bisa menunggu sampai mulut bayi terbuka Lebar dengan posisi lidah kearah bawah. Kalau bayi belum melakukannya, maka ibu bisa membimbing bayi dengan cara menyentuh lembut pada bagian bawah bibir dengan menggunakan putting susu.

3. Perlekatan yang benar
Mengenai masalah perlekatan yang terbaik bayi menyusui yaitu pada mulut bayi tidak hanya menempelkan pada putting, akan tetapi lebih pada area bawah putting payudara dan dengan selebar mungkin. Perlekatan ini sebagai salah satu syarat yang cukup penting dalam menyusui. Tanda ketika perlekatan ini sudah baik yaitu pada saat ibu tidak merasakan nyeri pada saat bayi menyusu dan bayi mendapatkan ASI yang mencukupi. Dalam hal ini juga Ibu bisa mendengarkan saat bayi menelan ASI.

4. Membetulkan posisi bayi
Kalau ibu dalam menyusui merasakan nyeri, maka bisa melepas perlekatan dengan memasukkan jari kelingking kedalam mutut dan bisa Anda letakkan pada bagian antar gusinya. Dengan Anda memberlakukan gerakan ini maka akan membuat bayi berhenti menyusu sementara dan Anda juga bisa menyesuaikan posisi bayi. Selanjutya Anda bisa coba lagi mengenai perlekatan yang lebih baik. Setelah perlekatan sudah benar, maka pada umumnya bayi juga akan dapat menyusu dengan baik.

5. Waktu menyusu
Bayi ini menyusu yaitu hanya sekitar 5 sampai dengan 40 menit, hal ini tergantung dengan kebutuhan. Mengenai bayi yang masih baru lahir, biasanya ini disusui untuk setiap 2-3 jam dengan waktu menyusu yaitu sekitar 15-20 menit setiap kalinya. Pada umumnya dibutuhkan dalam beberapa waktu untuk bisa adaptasi ibu dan bayi, supaya proses menyusuiya bisa berjalan denga lancar.

Nah itukah 5 cara menyusui yang benar yang bisa ibu jadikan sebagai acuan. Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.