Header Ads

Fitur dan Spesifikasi yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli Kipas Angin AC


Siapa yang tak kenal alat penyejuk ruangan yang satu ini. Kipas angin AC merupakan satu dari beberapa alat pendingin yang modern saat ini. Kemampuan utamanya bukan lagi mendinginkan ruangan namun lebih memberikan kesejukan pada setiap penjuru ruangan. Nah siapa sangka, dengan kemampuannya tersebut alat ini menjadi primadona di setiap kalangan masyarakat. 

Terlebih lagi kipas angin AC hanya memerlukan daya listrik rendah pada setiap pemakaiannya, sehingga tidak membuat tagihan listrik Anda juga membengkak. Nah, dengan banyak keuntungannya tersebut, Anda tetap bisa menggunakan kipas angin AC tersebut walaupun beban listrik di rumah Anda kecil. Jadi sekarang Anda tidak heran lagi bukan jika banyak orang beralih menggunakan kipas angin AC daripada air conditioner. 

Keunggulan lain dari kipas angin AC adalah body yang minimalis, portabilitas dan tentunya bersifat fleksibel. Artinya, kipas angin AC dapat dengan mudah Anda bawa dan pindahkan kemana saja. Bahkan telah ada kipas angin AC yang dapat Anda gunakan walaupun di luar ruangan (Outdoor).

Kipas Angin AC
Kipas angin AC juga diklaim sebagai alat penyejuk yang alami dan ramah lingkungan, karena bahan pendingin yang digunakan adalah air. Sehingga dengan alat ini, suhu ruangan akan cepat turun. Selain itu, kipas angin AC dapat menyaring debu-debu pada suatu ruangan.

Lalu apa saja fitur dan spesifikasi yang harus kita ketahui untuk mendapatkan kecanggihan dari kipas angin AC tersebut?

Berikut spesifikasi dan fitur yang paling bagus untuk sebuah kipas angin AC yang bisa Anda jadikan referensi.

Water Tank 
Water tank atau bisa kita sebut box air berfungsi untuk menyimpan air. Kapasitasnya berbeda-beda tergantung tipe dari setiap merknya. Kapasitas water tank yang bagus bisa menyimpan air sebanyak 6-7 liter. Dengan kemampuan menyimpan air yang cukup banyak, Anda tidak usah setiap saat mengisi air. 

Ice Pack 
Ice pack atau kotak es berfungsi untuk mendinginkan suhu ruangan yang panas. Kotak es pada setiap tipe Kipas angin AC juga berbeda, ada yang memiliki 2 units sampai 4 units.

Removeable Water Evaporator
Ada banyak tipe dari banyak merk Kipas angin AC yang sudah dilengkapi dengan fitur ini, yaitu tangki air yang dapat dilepas. Dengan begitu, kita dapat mengisi air dan membersihkan tangki dengan mudah. 

Portabel Handle & 360 O roratiton Wheel For Easy Movement 
Dilengkapi dengan tuas dan roda yang berfungsi untuk mempermudah memindahkan Kipas angin AC.

Air Flow
Kecepatan kapasitas penguapan, semakin tinggi air flow sebuah Kipas angin AC maka volume udara yang dihasilkan semakin besar sehingga suhu ruangan akan cepat sejuk.

Speed Controller 
Sesuai dengan artinya, fitur ini berfungsi mengatur kecepatan Kipas angin AC.

Automatic Water Level Controller
Mengontrol level air dan mempertahankan level air pada Kipas angin AC secara otomatis.

Automatic Shutoff Dampers 
Secara otomatis fitur ini berfungsi untuk menutup dan membuka flap pada saat Kipas angin AC dalam keadaan ON maupun OFF.

Pompa Air Safety Switch 
Kipas angin AC dapat mati secara otomatis ketika air dalam tangki habis.

Remote Control 
Kipas angin AC yang canggih kini telah dilengkapi dengan remote control, sehingga memudahkan kita untuk mengatur kerja dari Kipas angin AC itu sendiri. Remote control ini dilengkapi dengan tombol ON OFF 

Timer 
Menyetel waktu OFF Kipas angin AC.

Multifungsi
Sekarang ini telah terdapat kipas angin AC yang mempunyai peran multifungsi. Kipas angin AC dapat berperan seperti kipas angin biasa, air humidifier dan air purifier (air cleaner). Air humidifier berfungsi untuk mengeluarkan uap-uap air yang dihasilkan kipas angin AC sehingga ruangan terasa dingin. Air purifier berfungsi untuk membersihkan udara yang ada pada ruangan sehingga terbebas dari zat radikal bebas, kuman dan bakteri.

Konsumtif daya listrik
Spesifikasi yang satu ini memang tidak terlalu berpengaruh bagi Anda yang memiliki rumah dengan tegangan listrik yang besar dan budget yang cukup untuk membayar tagihan listrik. Namun, bagi Anda yang ingin hemat listrik, spesifikasi ini harus diperhitungkan. Semakin kecil konsumtif daya listriknya, maka semakin hemat pula tagihan listrik Anda.

Itulah fitur dan spesifikasi yang perlu Anda perhatikan ketika membeli kipas angin AC. Hal ini perlu dipertimbangkan agar Anda tidak merasa rugi dikemudian hari karena membeli kipas angin AC yang kurang tepat.

No comments

Powered by Blogger.