Header Ads

Cara Mengatasi Alergi Anak Dengan Baik


menjaga kesehatan anak merupakan hal yang penting yang harus dilakukan oleh semua orang tua. Apalagi saat masa anak anak biasanya rentan terhadap suatu penyakit. Yang bisa diakibatkan oleh bakteri ataupun virus lainnya. Hingga memkebanyakan buat tubuh anak menjadi tidak kebal karena rentan terserang banyak penyakit.  Misalnya alergi anak. Alergi yang terjadi pada anak merupakan sebuah bentuk reaksi sistem kekebalan tubuh yang biasanya dianggap berbahaya oleh kebanyakan orang terutama pada orang tua. Walaupun sebenarnya tidak, namun sebagai orang tua harus selalu waspada terhadap bentuk alergi yang satu ini. Karena jika dibiarkan begitu saja alergi bisa bertambah parah. Sebab tingkatan alergi sendiri ada bermacam macam. Mulai dari alergi sedang hingga alergi yang tingkatannya lebih besar. Dengan demikian, anda harus memberikan pertolongan utama untuk mengurangi timbulnya alergi pada anak.

Alergi anak bisa diketahui penyebab dan cara timbulnya. Penyebabnya bisa beraneka ragam jenis. Biasanya akan muncul rasa gatal dan bintik bintik sekitar area tubuh karena adanya zat asing. Saat pertama kali anda mengalami alergi akan timbul reaksi terhadap alergen. Untuk tahap pertama biasanya tubuh hanya akan bereaksi terhadap antibody. Kemudian, jika alergi ini belangsung selamaberhari hari akan membuat terjadinya alergi kulit. Gejala saat mengalami alergi akan menimbulkan reaksi yang fatal atau anafilaksis.  Atau biasaya akan menyebabkan seseorang menjadi sulit bernafas, kram perut, kehilangan kesadaran atau bisa juga lemas secara mendadak hingga terjadi bengkak pada beberapa bagian dari tubuh. Jika sudah seperti hal diatas maka sudah saatnya anda harus segera menanganinya dengan baik. karen jika dibiarkan secara terus menerus akan membuat seseorang yang terkena anafilaksis menyebabkan kematian. Untuk itulah jika anda sudah mengetahuia penyebab terjadinya alergi anak. Maka anda juga harus tahu cara mengatasinya seperti apa. 

Cara mengatasi alergi pada bisa  di lakukana dengana beberapa cara. Cara pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan tidak di garuk. Biasanya yang dirasakan pertama kali saat mengalami alergi yakni rasa gatal yang muncul pertama kali. Oleh karena itu jika gatal muncul, jangan sekli kali untuk menggaruknya. Jika demikian akan membuat kulit anda menjadi lebih parah. Kedua kalinya, gunakan salep anti gatal. Dengan menggunakan salep anti gatal. Salep untuk mengurangi alergi mengandung kandungan hidrokrtison yang berguna dalam meredakan gatal yang terjadi pada alergi anak dengan sangat baik. anda juga bisa menghindarinya dengan mandi air dingin. Air dingin bisa meredakn ruam pada kulit. Atau anda juga bisa menggunakan kompres air dingin untuk mengatasi alergi. Lalu selanjutnya anda bisa mengurangi dengn menggunakan lap bersih agar dapat mengurangi gejala alergi pada anak. 

Dan langkah yang terakhir, hindari penyebab yang menyebabkan alergi. Anda harus mengetahui penyebab alergi yang terjadi pada kulit anak. Karena untuk lebih mudah dihindri. Biasanya penyebab alergi pada anak bisa diakibatkan karena makanan atau minuman yang bisa menyebabkan alergi. Namun, jika anda masih belum dapat anda ketahui maka anda bisa melakukan cek secara langsung terhadap kulit atau bagian tubuh yang memiliki alergi. Tes tersebut dilakukan dengn tujuan agar dapat memberikan kesimpulan berbagai alergen dengan jumlah yang cukup dan sekaligus untuk dapat mengetahui reaksi tubuh yang terserang alergi. Demikian, beberapa cara dan penyebab yang dapat membuat reaksi alergi terhadap anak.

No comments

Powered by Blogger.