Header Ads

Cara Membersihkan Telinga Anak yang Baik dan Benar


Cara membersihkan telinga memang harus dilakukan dengan benar dan tidak boleh asal-asalan. Terlebih lagi jika membersihkan telinga anak. Apabila ada suatu kesalahan yang Anda lakukan dan Anda tidak mengetahuinya tentu saja akan menimbulkan efek yang buruk pada telinga anak. Bisa jadi telinga menjadi sakit, fungsi pendengaran tidak berfungsi dengan baik, dan yang paling parah bisa menyebabkan infeksi pada telinga.

Cotton bud adalah salah satu media yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang untuk membersihkan telinga. Namun yang perlu Anda ketahui bahwa membersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud besar kemungkinan juga akan mendorong kapas yang terdapat di ujung bagian cotton bud masuk dalam telinga. Dan apabila hal tersebut terjadi sudah pasti telinga Anda akan bermasalah dan indera pendengaran Anda juga akan terganggu.

Membersihkan telinga baik untuk orang dewasa maupun untuk anak-anak memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan harus menggunakan metode yang baik dan aman sehingga tidak melukai telinga. Kotoran yang terdapat di dalam telinga adalah berupa gumpalan yang berbentuk lunak yang berasal dari produksi kelenjar minyak yang terdapat dalam liang telinga. Meskipun sebenarnya kotoran yang terdapat dalam telinga juga tidak akan mengganggu apabila tidak terlalu berlebihan jumlahnya. Justru malah memiliki fungsi untuk melindungi telinga dari debu serta dapat juga menghambat kuman dan menjaga supaya air tidak mudah masuk ke dalam telinga.

Membersihkan telinga anak-anak memang tidak mudah. Bisa jadi karena perasaan risi dan geli dari anak tersebut ditambah dengan orang tua yang kurang terlalu perhatian terhadap kebersihan telinga anak, akan menjadi penyebab telinga anak menjadi bermasalah karena jumlah kotoran di dalamnya yang sudah banyak dan menumpuk. Oleh karena itu, berikut ini adalah cara membersihkan telinga anak yang baik dan benar:

  • Jangan sekali-kali mengorek telinga. Gendang telinga bisa pecah bisa jadi disebabkan karena mengorek telinga yang terlalu keras.
  • Gunakan obat tetes telinga. Obat ini dapat Anda temukan di apotek atau toko-toko obat lainnya. Anda juga dapat menggunakan baby oil untuk membersihkan daun telinga.
  • Anda juga bisa pergi ke dokter spesialis THT. Sehingga proses pembersihan telinga Anda menggunakan alat-alat khusus yang lebih aman.
  • Hindari penggunaan ear candle, karena penggunaan ear candle tidak terbukti mampu membersihkan telinga secara efektif.

Telinga adalah salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting. Jadi untuk membersihkan telinga Anda juga harus berhati-hati. Terlebih saat membersihkan telinga anak-anak yang Anda lakukan sendiri di rumah. Anak-anak yang lebih aktif cenderung akan meningkatkan resiko bahaya saat Anda membersihkan telinga mereka. Jadi solusi yang bisa Anda gunakan dan aman adalah dengan mengunjungi langsung dokter spesialis THT atau Anda juga bisa menggunakan obat tetes khusus untuk membersihkan kotoran yang ada di dalam telinga.

Cara membersihkan telinga anak memang dapat ditempuh dengan berbagai jalan. Namun yang perlu Anda perhatikan, penting sekali untuk memperhatikan media yang Anda gunakan untuk membersihkan telinga anak Anda. Jangan menunggu kotoran di dalam telinga anak sudah menumpuk baru dibersihkan. Selain itu, apabila telinga mulai tidak nyaman segeralah untuk periksa ke dokter spesialis THT untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif. Selain itu, jangan lupa untuk mengeringkan telinga anak Anda sampai benar-benar kering dengan handuk yang bersih dan masih kering untuk menghindarkan infeksi akibat air yang masuk dalam telinga.

No comments

Powered by Blogger.