Header Ads

CEO Mayora dan Harapan Dukungan Kebijakan Ekonomi Indonesia


CEO Mayora yang akhir-akhir ini firal karena memang perusahaan dari Mayora sendiri yang memiliki prestasi luar biasa. PT Mayora Indah tersebut juga sudah lama dikenal sebagai kampiun ekspor untuk produk-produk konsumsi dengan tujuan ekspor kurang lebih sekitar 80 negara. Tidak hanya mengekspor produknya namun kini Mayora tersebut juga mampu untuk menguasai pasar yang ada di negara tujuan ekspor. Kalau melihat PT Mayora yang luar biasa seperti itu tentunya Mayora ini memiliki kekuatan yang luar biasa.

Apa yang Saat ini menjadi kekuatan Mayora? 
Pertama yaitu produk dari mayora tersebut berpedoman tinggi pada kualitasnya,  yaitu diferensiasi dan inovasi produk. Dalam hal ini PT Mayora percaya bahwasannya keberadaannya tidaklah hanya sekedar menjawab kebutuhan konsumen, namun dalam hal ini tentunya juga menjaga competitive edge pada persaingan. Kedua, people. Dalam hal ini CEO Mayora percaya bahwasannya sumber daya manusia atau talenta yang andal merupakan sebuah aset yang secara strategis bisa menjaga ekosistem dari perusahaan untuk bisa mendorong pertumbuhan bisnis yang sustainable.

Selanjutnya yaitu dengan mempunyai bisnis proses yang terstruktur, maka hal tersebut tentunya bisa membuat menjadi lebih cepat dan efektif untuk mengambil keputusan sehingga produk yang dimiliki Mayora ini pun juga lebih tepat dan cepat sampai ke pada  konsumen. Dari Mayora sendiri memiliki brand andalan dengan merk-merk andalan diantaranya yaitu seperti Roma, Torabika, Beng-Beng, Astor serta masih banyak lagi yang lainnya, ini merupakan merek yang mempunyai unsur heritage yang sangat kuat, dan tentunya juga mampu untuk membuat ikatan emosional di hati para konsumen sehingga bisa membuat bertahan di top of mind konsumen sampai dengan saat ini.

Kemudian apa saja yang manajemen lakukan untuk meningkatkan ekspor? 
Dalam hal ini tentunya tidak terlepas dari CEO Mayora yaitu yang pertama melakukan focus pada geografis, dalam hal tersebut berguna untuk memetakan negara-negara yang mempunyai potensi pasar besar, yang dalam hal ini bisa memberikan dorongan pertumbuhan dengan cukup signifikan.  Kedua, yaitu mengenai masalah investasi dalam penelitian konsumen, yang berguna untuk memahami secara mendalam sikap serta perilaku konsumen yang digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan yang berbeda pada setiap negaranya. Ketiga yaitu merupakan investasi sumber daya manusia, high profile local talent recruitment. Selanjutnya yang Keempat, ayaitu investasi pada infrastruktur seperti halnya ddengan membangun sistem jaringan distribusi yang ada di negara bersangkutan untuk mencapai more effective route to market.

Dalam hal ini apa saja tantangan ekspor yang Sering dihadapi? Kemudian bagaimana menjawab tantangan itu?
Tantangan yang utama biasanya didahapi yaitu dengan memahami secara mendalam mengenai masalah kebutuhan konsumen yang tentunya juga cukup berbeda untuk setiap negara dan bagaimana hal tersebut tentunya secara efektif bisa mempromosikan merk-merk yang sat ini dijual berguna untuk menjawab kebutuhan dari para konsumen tersebut. Sampai dengan saat ini PT Mayora juga terus mencoba menjawab tantangan tersebut dengan cara melakukan riset pasar baik hal tersebut yang bersifat formal ataupun informa

Apa Dukungan Yang Diharapkan Dari Pemerintah Dalam Upaya Meningkatkan Ekspor? 
Kami berharap bahwa Kebijakan Ekonomi Indonesia pemerintah dalam hal ini bisa terus memberikan berbagai dukungan baik dari sisi stabilitas politik dan ekonomi, yaitu seperti halnya menjaga kestabilan kurs rupiah terhadap US$ yang tentunya dalam hal ini akan mempunyai dampak pada harga bahan baku impor yang PT Mayora gunakan. Stabilitas harga BBM yang tentunya dalam hal ini bisa mempengaruhi berbagai sektor pada kelangsungan bisnis. Regulasi serta bisa memudahkan kebijakan ekspor dan tentunya bisa menunjang kinerja perusahaan Indonesia untuk dapat melakukan ekspansi ke pasar luar negeri. 

No comments

Powered by Blogger.