Header Ads

Berbagai Jenis Dan Penjelasan Apa Itu Kolesterol

 
Hidup sehat telah diajarkan sejak dini oleh orang tua kita. Orang tua sering mengajarkan generasinya bagaimana cara hidup agar tidak mudah terkena penyakit dan akan sehat selalu. Tak jarang orang dulu bahkan awet muda dari pada orang zaman sekarang. Hal tersebut salah satunya disebabkan dengan penerapan hidup sehat orang tua. Saat ini pun banyak penyakit bermunculan menyerang, tidak memandang tua, muda, miskin, maupun kaya. Seluruhnya bisa terkena penyakit yang datangnya tidak disangka, seperti halnya kolestrol. Penjelasan apa itu kolesterol  pun begitu minim dikalangan masyarakat, apalagi cara pencegah agar tidak terserang oleh penyakit yang mematikan ini. Perlu adanya edukasi untuk memberi Penjelasan apa itu kolesterol kepada masyrakat terutam generasi mendatang. Dipastikan dengan adanya edukasi terkait kolesterol pasti masa-masa yang akan datang, masyarakat mengidap penyakit ini pun minim karena bisa mengatasi dan mencegahnya.

Apa Itu Kolesterol?
Siapa yang belum mengenal penyakit ini?. penyakit ini begitu populer di dunia kodekteran saat ini dikarenakan banyak pasian dari muda hinggga tua yang mengidap penyakit kolesterol. Penyakit kolesterol ini basanya berupa lemak yang menyerupai lilin. Biasanya paling banyak diproduksi oleh organ dalam yakni hati yang didapatkan dari makanan. Fungsi kolesterol sendiri adalah memproduksi sel-sel sehat dan sejumlah hormon yang dibutuhkan oleh tubuh berserta vitamin D ynag bisa dibentuk oleh kolesterol. Jadi kolesterol tidak selamanya buruk, bukan?. Namun, apabila memiliki jumlah kolesterol dengn kadar tinggi pun juga tidak baik, hal ini dapat mengakibatkan penyakit yang serius.

Akibat Kolesterol Tinggi
Setelah mengenal apa itu kolesterol tentu anda tidak ingin memiliki kolesterol yang berlebihan. Anda pasti mengetahui dampak kelebihan kolesterol yang serius. Kolesterol ini biasanya dibutuhkan oleh tubuh, namun jika berlebihan tubuh akan menjadi sakit dan kolesterol itu pun beralih fungsi menjadi penyerang tubuh. Biasanya kolesterol ini dapat menempel di dinding pumbuluh darah berupa plak. Kemudian plak ini akan menyumbat pintu jalannya arteri lalu menghambat aliran darah itu sendiri. Dengan adanya penyumbatan pembuluh darah, apabila penyumbatan pembuluh darah ini berada di jantung maka seseorang tersebut akan terkena penyakit jantung. Biasanya penyakit jantung yang disebabkan oleh kelosterol ini, pengidap akan merasakan nyeri pada pada dada atau bagian angina. Tak berhenti pada peyumbatan darah yang masuk ke dalam jantung, hal ini pun bisa terjadi pada orak yang menyebabkan stroke, dan bisa terjadi pada pembuluh darah lainnya.

Bagi anda yang menginginkan hidup sehat maka hindari penyebab kolesterol tinggi ini. Kemudian jangan lupa untuk memeriksa kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh anda. Hal ini disebabkan karena kolesterol yang terlalu tinggi biasanya akan mengalami penggumpalan seperti kristal empedu dan bisa mengeras menjadi batu empedu. Tentu anda tidak ingin hal ini sampai terjadi pada anda, bukan? Pemeriksaan kolesterol pun perlu, tidak hanya itu dengan anda memeriksakan kadar kolesterol pada darah secara berkala pun akan mengetahui bagaimana tingkat kesehatan yang anda miliki saat ini.
 
Bagi anda yang memiliki kawan, atau sanak keluarga yang memiliki kolesterol tinggi segera hubungi dokter agar diperiksa. Atau memiliki hipertensi atau diabetes dan pemiliki berat dadan yang lebih sekalian. Seseoang yang memiliki berat badan terlalu berlebihan mudah teserang penyakit kolesterol. Maka dari itu, memiliki berat badan yang berlebihan bisa anda hindari.

No comments

Powered by Blogger.