Header Ads

Kenali Dan Atasi Gigi Anak Rusak


Ada banyak hal yang menyebabkan gigi anak mengalami kerusakan. Gigi anak rusak bisa dikarenakan faktor makanan atau bisa juga sakit gigi anak karena pertumbuhan gigi. Pada balita umumnya gigi susu yang sering mengalami rasa sakit. Bisa dikarenakan adanya lubang pada gigi akibat beberapa faktor. Dalam masa anak anak gigi susu pada anak akan mengalami pergantian jika sudah menginjak usia 6 hingga usia 12 tahun. Namun demikian, jika terdapat lubang dalam gigi anak, dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada gigi. Akibatnya dapat mempengaruhi pola makan serta asupan gizinya. Kerusakan gigi pada anak umumnya menyerang gigi pada bagian depan. Dan sakit gigi anak akibat kurangnya menjaga kebersihan gigi sehingga menyebabkan bakteri menumpk serta berkembang. 

Ketahui Penyebab Gigi Anak Rusak 
Hal yang menyebabkan gigi anak rusak dan sering sakit yakni karena pola perawatan gigi anak yang kurang tepat. Seperti kebiasaan anak yang sering malas dalam menyikat gigi mereka setelah makan atau sebelum tidur dengan pasta gigi pepsodent. Tentu kebiasaan yang kurang baik ini jika semakin di terapkan dapat menjadi masalah yang serius pada kesehatan gigi anak. Bakteri dapat bersarang dengan nyaman di dalamnya dan menyebabkan sakit gigi semakin bertambah serius. Jika sudah demikian, bakteri dalam gigi akan membentuk lubang dan membuat sarang di dalamnya. Sehingga terdapat lubang gigi yang sering menyebabkan sakit gigi. Sakit gigi dan kerusakan gigi anak karena memang pola makan anak yang sembarangan. Makanan dan minuman yang manis bisa menyebabkan gigi sakit dan menyebabkan lubang di dalamnya. 

Gigi yang rusak karena lubang yang ada dalam gigi jika dibiarkan dapat mengakibatkan dampak yang cukup serius pada anak. Lubang gigi akan mengalami perubahan warna yang semula memiliki bintik bintik yang lambat laun bintik ini akan berubah warna hingga menjadi hitam. Jika sudah demikian, itu menandakan jika gigi anak telah mengalami kerusakan. Bahkan lubang yang terdapat dalam gigi akan semakin membesar jika semakin dibiarkan berkelanjutan. Gejala awal jika anak mengalami kerusakan gigi antara lain  adanya rasa sensitif pada gigi anak. Kemudian, terdapat rasa nyeri yang tajam saat makan atau minum dengan air panas maupun dingin. Dan akan terasa sakit saat anak menekan giginya. Jika tanda ini sudah terdapat pada gigi anak, segera saja memberikan perawatan yang tepat untuk gigi. 

Segera Berikan Penanganan Tepat Untuk Kerusakan Gigi Anak 
Segera lakukan konsultasi dan melakukan pemeriksaan gigi anak rusak ke dokter gigi. Konsultasi dengan dokter gigi merupakan langkah awal dalam penanganan masalah kerusakan gigi pada anak. Dokter gigi dengan segera memonitoring kondisi gigi anak dengan baik. Sesuai dengan rasa sakit yang tengah di alami oleh anak. Melakukan pemeriksaan terhadap gigi anak yang sakit akan membantu dalam mengatasi serta mencegah gigi sakit akibat lubang pada gigi. Dokter akan memberikan beberapa saran yang baik untuk mengobati rasa sakit akibat lubang pada gigi. Kemungkinan besar dokter akan menambal gigi anak yang tengah sakit dan berlubang. 

Tidak hanya menambal gigi anak yang sakit, dokter juga akan memberikan beberapa resep obat serta saran yang baik untuk mengatasi sakit gigi. Memberikan perawatan untuk kesehatan gigi anak dengan teratur menggosok gigi dengan pasta gigi pepsodent dan sikat gigi yang halus. Mengatur pola makan agar selalu dalam keadaan bersih dan sehat. Dengan begitu akan dapat mengurangi sakit pada gigi anak. 

No comments

Powered by Blogger.