Header Ads

Ingin Investasi Reksadana? Kenali Dulu 10 Istilah Reksadana yang Wajib Kamu Ketahui

Investasi reksadana adalah pilihan instrumen investasi terbaik bagi Anda yang ingin terjun dalam dunia investasi. Namun, sebelum memulai kegiatan investasi reksadana, tentu mengetahui berbagai istilah didalamnya adalah suatu keharusan. Seringkali istilah-istilah yang terdapat pada reksadana membuat investor pemula atau calon investor kebingungan. Jangan khawatir, di dalam artikel ini akan dibahas tuntas istilah-istilah dalam investasi reksadana yang wajib diketahui. 


Manajer Investasi

Istilah manajer investasi mungkin sudah tidak asing lagi, manajer investasi adalah pihak yang bertanggungjawab dalam mengelola dana investasi dalam reksadana melalui portofolio efek. Dalam mengelola dana investor, manajer investasi sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan. Manajer investasi akan membantu seorang investor dalam menginvestasikan dananya ke berbagai instrumen investasi seperti pasar uang, saham, surat berharga, dan obligasi.

Nilai Aktiva Bersih 

Nilai aktiva bersih atau juga sering disebut dengan NAB adalah jumlah dana yang dikelola oleh manajer investasi pada reksadana yang mencangkup kas, deposito, saham, dan obligasi. NAB dapat dijadikan acuan dalam memilih produk reksadana yang ingin diinvestasikan. 

Unit Penyertaan

Unit penyertaan merupakan sebuah istilah yang menunjukan bagian kepemilikan investor dalam  suatu produk reksadana. Jumlah unit penyertaan ditetapkan terbatas oleh manajer investasi yang disesuaikan dengan portofolio efek yang dihitung oleh bank kustodian. 

Fund Fact Sheet

Fund fact sheet memuat laporan kinerja bulanan reksadana yang dirilis oleh manajer investasi. Laporan ini memuat informasi reksa dana mulai dari NAB,, minimum pembelian,kinerja reksadana, informasi portofolio, dn informasi jumlah dana kelolaan. 

Subscription

Subscription adalah istilah yang menunjukan pembelian unit reksadana. Pembelian reksdana dapat dilakukan ketika Bursa Efek Indonesia beroperasi pada hari bursa.

Redemption

Istilah ini merujuk pada penjualan reksadana. Penjualan reksadana juga dapat dilakukan pada hari bursa. Selain  itu dikenal juga istilah redemption fee adalah biaya penjualan atau pencarian dari reksadana. 

Switching

Switching adalah istilah yang menunjukan pengalihan unit reksadana. Switching dapat dilakukan pada hari bursa. Selain itu, dikenal juga istilah switching fee atau menunjukan biaya pengalihan suatu reksadana. 

 Cut Off Time

Cut off time adalah batas waktu transaksi dalam reksadana yang meliputi batas waktu pembelian ,penjualan, dan switching reksadana. 

Tanggal Emisi Reksadana

Tanggal emisi reksadana menunjukan tanggal peluncuran dari suatu reksa dana. 

Tanggal Efektif Reksadana

Tanggal efektif reksa dana menunjukan tanggal dimana suatu reksadana mendapatkan pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


 



No comments

Powered by Blogger.