Header Ads

Kandungan Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil 7 Bulan

Masa kehamilan merupakan masa yang selalu ditunggu-tunggu bagi setiap pasangan, dalam masa kehamilan ada bantak pantangan dan larangan termasuk salah satunya yaitu dalam hal makanan. Pada masa 7 bulan merupakan masa yang biasanya ada gejala seperti nyeri ulu hati, rasa lelah, sembelit, hingga tangan dan kaki membengkak, bisa saja datang. Jika mengkonsumsi makanan tertentu biasanya juga malah menyebabkan hal itu semakin parah. Kali ini kami akan berbagi mebgenai kandungan makanan yang dilarang untuk ibu hamil 7 bulan, apa saja?


Berikut Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil 7 Bulan

1. Makanan Yang Memiliki Kandungan Tinggi Natrium

Makanan yang tinggi garam ini bisa memperparah tubuh bengkak saat hamil, Makanan yang dilarang dikonsumsi untuk ibu hamil 7 bulan yaitu makanan yang memiliki natrium tinggi.

Karena gejala pembengkakan yang terjadi pada tangan serta kaki, tentunya ini bisa menjadikan parah masuknya kadar natrium yang tinggi. Nah untuk mengatasinya, maka Anda bisa minum air putih secara teratur untuk mengatur natrium dalam tubuh Anda.

2. Minuman Yang Mengandung Kafein Dan Bersoda

Ini merupakan minuman yang harus dihindari, karena jika Anda mengkonsumsi minuman ini bisa saja akan memperparah gejala sembelit pada saat hamil dibulan ketujuh. 

Kemudian untuk minuman yang bersoda tidak menawarkan nutrisi apapun untuk Bunda yang sedang dan anak yang dikandungnya. Sehingga dalam hal ini sebaiknya bunda hindari minuman bersoda sebisa mungkin.

3. Alkohol

Sama seperti kafein dan minuman bersoda, alkohol juga masuk daftar kandungan pada pantangan makanan ibu hamil 7 bulan.

Sebab, alkohol mampu mengganggu perkembangan janin dan menghambat proses persalinan nantinya.

4. Junk food 

Ini merupakan makanan yang juga harus dihindari untuk bumil yang usia kandungannya 7 bulan, karena junk food ini berbahaya bagi kandungan bunda. Junk food, seperti halnya burger atau ayam krispi, ini merupakan makanan yang dilarang untuk ibu hamil pada trimester ketiga lebih tepatnya 7 bulan.

Sebaiknya dalam hal ini bumil lebih memilih camilan yang sehat seperti halnya sandwich atau salad. Ini berguna untuk kesehatan Anda dan juga Si Kecil yang sebentar lagi akan datang ke dunia.

Demi untuk kelancaran persalinan dan juga kesehatan janin, maka sebaiknya usahakan hindari makanan yang dilarang bagi ibu hamil 7 bulan ini.

5. Beberapa Jenis Ikan Memiliki Kandungan merkuri

Seperti yang kita ketahui bahwa ikan berlemak kaya dengan omega 3, namun ada juga ikan yang memiliki kandungan merkuri dan membahayakan bagi ibu dan janin. Untuk ikan yang dilarang dikonsumsi yaitu;

  • Ikan hiu
  • Ikan todak (swordfish)
  • Ikan marlin
  • Ikan lainnya yang memiliki kandungan merkuri tinggi.

6. Daging Mentah memiliki Kandungan Bakteri

Ini merupakan jenis makanan selanjutnya yang dilarang untuk dikonsumsi, karena adanya kandungan bakteri yang bisa berbahaya bagi ibu dan sikecil di kandungan. Karena jika daging tidak dimasak dengan matang bisa menjadikan ibu terinfeksi bakteri, parasit, serta virus. Ada juga yang ditemukan pada makanan mentah yang terinfeksi bakteri Listeria. Bakteri ini merupakan salah satu bakteri yang bisa saja  menjangkiti janin dan memiliki resiko menyebabkan kematian bayi.

Nah itulah beberapa kandungan makanan yang dilarang untuk ibu hamil 7 bulan sebaiknya dihindari dengan bijak. Jangan memaksakan diri untuk menikmati makanan yang bisa membahayakan bagi Kesehatan ibu hamin dan si kecil yang masih berada di dalam perut.


No comments

Powered by Blogger.