Header Ads

Perawatan Genset yang Baik Sesuai Prosedur Commissioning Pada Genset


Commisioning genset merupakan tes atau pengecekan yang digunakan untuk memastikan suatu genset memilki performa atau kinerja yang masih terjaga dan masih bisa menghasilkan energy listrik secara optimal saat dibutuhkan. Pengecekan ini sebagai bentuk perawatan yang dilakukan guna mencegah terputusnya aliran listrik di suatu kawasan industry atau gedung perkantoran.

Seperti pada umumnya bahwa genset sering digunakan atau bahkan salah satu alat yang paling banyak digunakan untuk backup listrik ketika adanya pemadaman. Maka dari itu, pemeriksaan atau tes ini perlu dilakukan sebagai bentuk memaksimalkan kinerja genset yang mendukung pemaksimalan kinerja perusahaan. 

Tahapan Pelaksanaan Commossioning Genset
Commisioning genset yang merupakan suatu prosedur pemeriksaan pastinya memiliki beberapa tahapan yang perlu untuk dipahami dan diketahui. Beberapa tahapan yang perlu dilalui adalah sebagai berikut :

Tes dan Inspeksi Kontruksi
Ini adalah tahap pertama yang bertujuan untuk memastikan kondisi genset telah sesuai dengan rancangan dan siap untuk digunakan saat kondisi darurat terjadi. Tahan ini melingkupi area:
  1. Inspeksi generator darurat dengan  menginspeksi visual pada engine, alternator dan radiator, menguji kinerja operasi genset secara penuh, dan juga menguji fungsi control dari genset tersebut. selain itu juga inspeksi untuk perlindungan pada bagian sirkuit dan mesin genset tersebut. dan menguji tentang kebutuhan bahan bakar yang digunakan saat beroperasi.
  2. Panel Kontrol yang diuji adalah inspeksi secara visual pada panel control, juga kinerja dari panel kontrol tersebut serta menguji hambatan listrik dan kenaikan suhu saat digunakan
  3. Tangki bahan bakar dilakukan inspeksi visual pada permukaan tangki, serta memastikan bahwa pengelasan permukaan tangki dalam kondisi baik. 

Tes Kinerja Fungsional
Setelah melakukan pengujian di tahap pertama, tahap selanjutnya adalah melakukan tes kinerja fungsional dari genset tersebut. tahapan ini melingkupi area:
  1. Inspeksi generator darurat dengan menginspeksi pracommissioning pada setiap komponen atau sistem, menguji beban tiruan, menguji pengisian daya baterai dan menguji penerimaan beban.
  2. Panel kontrol dengan inspeksi pracommissioning pada setiap komponennya, menguji kinerja setiap komponen, serta memeriksa perlindungan sirkuit dan uji transfer beban
  3. Tangki bahan bakar yang menguji inspeksi pracommissioning pada kontruksi tangki, pengelasan, pengecatan dan komponen di dalamnya serta tes hidrolik.

Commossioning Genset Wajib
Tahapan ini mencakup tes insulasi, tes fungsi control, uji beban tiruan, uji output pengisian daya baterai, tes penerimaan step-load, dan pengukuran tingkat kebisingan.

Setelah melakukan tahapan-tahapan Commisioning genset  akan diketahui kondisi dan kinerja yang akan dihasilkan oleh genset tersebut. Genset yang baik dan bisa maksimal digunakan bisa Anda gali informasinya di website Sewata yaitu https://sewatama.com/id/. ketika Anda mencari di sini, dijamin Anda tidak akan pernah kecewa setelahnya.

No comments

Powered by Blogger.